Total Tayangan Halaman

Selasa, 05 November 2013

Plagiarisme

Tugas Psikologi dan teknologi internet
Carin Riyanti Winata
2PA01
1512554

Dengan berkembangnya jaman yang semakin maju, terutama dalam bidang teknologi dan informasi membuat semakin mudah untuk mengakses atau mencari informasi baru. Namun seiring dengan berkembangnya ternologi ternyata dapat menimbulkan beberapa dampak negatif salah satunya adalah Plagiatisme. Yang sering terjadi di kalangan mahasiswa karena saya sekarang masih mahasiswa sayakan mencoba membahas lebih mendalaham masalah plagiarisme oleh mahasiswa. Seperti yang kita kertahui kadang kala sifat asli manusia yang ingin mudahnya saja alias tidak ingin ribet sering menjadi penyebab masalah palgiatisme. Plagiarisme atau menjiplak sering menjadi masalah ketika tidak memakai sumber. Maka jika di expose keluar terutama kedunia maya (otomatis dilihat oleh banyak orang) menyebabkan para pembaca merasa tertipu karena karya yang dibacanya merupakan hasil karya jiplakan dan pengarang aslinya pun akan merasa rugi jika hasil karyanya diambil oleh orang yang  menjiplak tanpa memberi keterangn sumbernya. Dan otomatis pelaku penjiplakan (plagiator) akan dirugikan dengan hilangnya kepercayaan dari banyak orang karena penjiplakan tersebut.
               
 Saya sebagai mahasiswa mengakui bahwa selama jenjang pendidikan saya sampai saat ini. Saat masa-masa kuliah inilah banyak tugas yang berbagai sumber teorinya harus menggunakan internet. Dengan tugas yang sebagaian besar diharuskan untk menulis atau mencari teori-teori yang biasanya paling mudah adalah dengan mendapatkannya diinternet terutama karena kemudahannya dan kita tiak perlu membaca semuanya, semuanya tinggal dicopy paste lebih mudah dibandingkan dengan harus mencari dibuku  dan membacanya dalam waktu yang lama dan harus menuliskannya kembali. Bukti dari maraknya tindakan plagiarisme adalah jika sedang mencari jawaban yang pertama muncul seringkali berasal – berasal dari blog orang lain dan isinya hampir sama satu degan yang lain. Bersyukur saya kuliah di Universitas Gunadarma yang mengajarkan saya untuk menulis sumber ketika mencari referensi dan sebisa mungkin tidak mengambil sumber dari bolg karena seringkali tulisan-tulisan diblog adalah hasil copy – paste dari blog lain dan jarang ditulis sumber dibawahnya.
                Dalam wikipedia saya mencoba mencari arti dari plagiarisme. Plagiatisme atau yang sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat  dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan pelaku plagiatisme dapat mendapat hukuman berat sepertidikeluarkan dari sekolah/ universitas. Pelaku plagiat disebut sebgai plagiator.

Hukuman yang diterima oleh para plagiator ternyata dapat terkena pidana karena melanggar hak cipta orang lain. Secara tidak langsung plagiarisme mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan sendir degan tidak menyebutkan infonya.
Tindakan ini juga sangat dipengaruhi oleh gaya hidup seseorang, contohnya adalah orang yang malas mengerjakan tugasnya sesuai peraturan-peraturan yang benar atau tidak percaya kepada kemampuannya sendiri. Bisa juga karena ketidaktahuan orang tersebut untuk menuliskan sumber atau cara-cara mengerjakan karya tulisan yang benar dan yang penting juga adalah kurangnya sanksi yang ditegakan  ketika melakukan  pelanggaran tersebut. Karena itu membuat maraknya terjadi Plagiarisme.
Secara tidak langsung tindakan ini dapat menurunkan kualitas pendidkan yang ada, seorang mahasiswa ketika lulus mempnyai predikat dari orang sekitar bahwa ia dapat mengungguli orang lain. Dan predikat tersebut akan dikecewakan ketika mahasiswa tersbut tidak dapat memenuhi standart sebagai orang yang mempunyai kesiapan kerja karena saat kuliah yang dilakukan bukan memksimalkan potensi yang dipunyai tetapi malah menguburkan potensi yang dimilki hanya dikarenakan kebiasaan menjadi plagiator.

Oleh karena itu tulisan ini bukan hanya untuk memenuhi tugas yang diberikan, tetapi juga mengajak untuk kita menghargai karya cipta orang lain dengan menulis sumber ketika mengambil informasi. Bukankan jika kita ingin dihargai kita harus terlebih dahulu menghargai ? :D

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/plagiarisme
klik disini untuk topik yang sama: Dila Fadilah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar